KOMBINASI

·         Merupakan cara pemilihan objek dengan tidak memperhatikan objek tersebut
Rumus :






n = banyaknya seluruh objek yang ada
x = banyaknya objek yang dikombinasikan
x<n ; jika x = n formulasinya menjadi nCn = 1

Sifat-sifat kombinasi :
·         Cno = 1
·         Cn1 = n
·          Cnn-1  = n
·          Cnn = 1

Contoh :

1.       Dari 4 orang yaitu A, B, C, dan D pendiri suatu partai, akan dipilih ketua, wakil ketua, dan sekretaris. Ada berapa macam urutan pengurus partai tersebut yanng mungkin terpilih?
Jawab :
n = 4, x = 3



2.       Suatu warna tertentu dibentuk dari campuran 3 warna yang berbeda. Jika terdapat 4 warna yaitu merah, kuning, biru, dan hijau. Maka, berapa kombinasi 3 jenis warna yang dihasilkan?
Jawab :
n = 4, x = 3



3.       Dalam suatu pertemuan terdapat 10 orang yang belum saling kenal. Agar mereka saling kenal, maka mereka saling berjabat tangan. Berapa banyaknya jabat tangan yang terjadi?
Jawab :
n = 10, x = 2


Kombinasi dari kombinasi
·         Merupakan perkalian antara banyaknya kombinasi suatu kumpulan objek dengan banyaknya kombinasi dari kumpulan objek lainnya
·         Jika dari himpunan unsur I yanng terdiri dari n unsur dan himpunan unsur II yang terdiri dari m unsur, dibentuk suatu kombinasi yang terdiri dari x unsur I dan y unsur II. Maka, kombinasi yang dapat disusun adalah

Contoh :
4.       Suatu perkumpulan terdiri dari 3 orang pria dan 2 orang wanita. Perkumpulan itu akan memilih 3 orang sebagai pengurusnya. Berapa cara yanng dapat dibentuk dalam pemilihan tersebut, jika :
a.       Semua dapat dipilih?
b.      Pengurus harus terdiri dari 2 orang pria dan 1 orang wanita?
Jawab :
a.       n = 5, x = 3

b.      n1 = 3, x1 = 2

5.       Dari 20 orang mahasiswa dan 10 orang mahasisiwi akan dibentuk suatu kelompok belajar yang terdiri dari 4 orang mahasiswa dan 2 orang mahasiswi. Hitung banyaknya kombinasi yang didapat dari pembentukan kelompok belajar tersebut?
Jawab :
n1 = 20; x1 = 4
n2 = 10; x2 = 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.